Kunjungan Industri

Tempe bukanlah makanan yang asing bagi anda. bahan pokoknya terbuat dari kedelai yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral seperti kalsium, asam folat, kalium serta besi. Selain itu, protein yang dikandung kedelai terdiri dari semua asam amino essensial yang sangat diperlukan bagi kesehatan.
Pada hari kamis, tgl 14/04/2015 siswa SMK IA kelas X berkunjung ke tempat pembuatan Tempe/Industri di Desa Kapedi milik Bapak Sucipto, letaknya sekitar 11 km dari lokasi sekolah. setiba di industri siswa mendapat pelajaran tambahan serta berlangsung tanya jawab sekilas pembuatan tempe. tidak hanya berkunjung saja, siswa pun melakukan praktek langsungĂ‚  pembuatan tempe yang dibimbing oleh pihak industri. mereka belajar mulai dari proses awal stampai hasil akhir yaitu pengepakan. menurut pihak industri, untuk produksi tempe yang berkualitas bahannya menggunakanĂ‚  kedelai impor karena mutu dan kualitasnya yang jauh lebih bagus dari pada kedelai lokal.
Proses Pembuatan Tempe
Sediakan kedele 1 kg Kedele dipilah-pilah, buang kedele yang rusak/busuk setelah selesai kedelai kemudian direndam semalam. Selanjutnya, buang air rendaman dan kedelai dicuci bersih. Rebus sampai mendidih kedelai yang sudah selesai dicuci Lakukan perendaman kedelai, sekitar 12-24 jam. Lakukan pencucian dengan air mengalir Kemudian, kedelai dikelupas kulitnya sampai bersih Kedelai yang sudah selesai dikelupas, selanjutnya direbus sampai mendidih Setelah mendidih, kedelai didinginkan/ditiris. Setelah dingin benar, lakukan peragian, 1/2 sendok teh ragi untuk 1 kg kedele Selanjutnya tempe dibungkus, bisa dengan daun pisang atau plastik yang dilubangi dengan paku jarak +- 1 cm. Setelah dibungkus, lakukan proses fermentasi/pemeraman, 24 jam pertama ditutup rapat, lalu dibuka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KOMPETEMSI SMK AL-AMIEN TEGAL